Asosiasi Kopi Wonosalam Mampu Ekspor Kopi ke Malaysia

JOMBANG – Jurnalforumindonesia – Kopi jenis Excelsa asal Wonosalam, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, mulai tembus pasar ekspor hingga ke Malaysia.

Bahkan, jumlah ekspor yang dikirim ke negeri jiran ini tidak sedikit. Untuk ekspor perdana kopi yang rasanya ada khas keasam-asaman ini hingga capai 12 ton.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa didampingi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Budi Hanoto serta Bupati Jombang Mundjidah Wahab menyaksikan penandatanganan kontrak pengiriman Kopi Excelsa Wonosalam ke Malaysia, pada Selasa (10/5/2022).

Penandatanganan antara Direktur Rubath Kopi Jombang Wignyo Susandi dengan Direktur PT. Indo Samudra Ekspor Yohanes Putra Kusuma dilanjutkan dengan prosesi pecah kendi di depan kantor Koperasi Kopi Wonosalam, Desa Wonosalam, Kecamatan Wonosalam.

Dan pemberangkatan ekspor Kopi secara simbolis oleh Bupati Jombang rencananya akan diekspor ke Negara tetangga Malaysia.

Pelepasan ekspor perdana Kopi asli Wonosalam, merupakan keberhasilan Asosiasi Petani Kopi dalam mendukung Gerakan Tiga Kali Ekspor (Gratieks) komoditas pertanian khususnya di Jawa Timur.

“Pelepasan tahun 2022 ini untuk memenuhi kebutuhan ekspor beberapa komoditas perkebunan salah satunya kopi excelsa Wonosalam sebanyak 12 ton, kata Bupati Jombang.

Bupati Jombang tak lupa menyampaikan ucapan terima kasih kepada Gubernur Jawa Timur dan Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur atas dukungan dan supportnya, juga semangat yang luar biasa dari pegiat kopi yang telah berhasil menembus pasar ekspor, ujar Bupati Mundjidah Wahab.

Bupati berharap, semoga ekspor perdana kopi Wonosalam ini akan terus berlanjut di masa mendatang, sehingga nantinya dapat berdampak positif nilai jual dan nilai tambah bagi petani kopi.

“Semoga dengan ekspor ini diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan secara langsung maupun tidak langsung bagi petani kopi Wonosalam, hingga kedepannya dapat memberi dampak positif bagi pembangunan perekonomian Kabupaten Jombang, tutur Bupati Jombang.

Sementara itu, Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa mengapresiasi semangat anak muda pegiat kopi di Wonosalam Kabupaten Jombang.

Ada doa untuk panjenengan semua dari desa untuk dunia dari desa dengan profit kota dan profit dunia ini.

Satu obsesi cita-cita yang luar biasa bagi kita semua yang hadir untuk mendoakan semoga lancar sukses untuk seluruh petani kopi yang ada tempat Ini.

“Jikalau kopi yang sukses menembus pasar adalah Excelsa Wonosalam, agregator kopi di sini bisa membangun koneksitas yang sekarang sedang dibudidayakan lebih luas lagi yang ada di Madiun.

Tempatnya masuk karena di lereng Wilis juga Ijen. Kalau marketnya dapat kemudian jejaring produsen juga dapat, saya rasa akan lebih cepat lagi untuk menembus ke negara negara tujuan karena memang jumlah excelsa seluruh dunia hanya 7 persen.

Artinya ini market yang menurut saya sangat besar sekali jikalau kita punya potensi yang besar pula”, pungkas Gubernur Jatim Khofifah.

(Gentho)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.